photo black_zps8x9ec5kw.png

Pengertian Phising dan Cara Menghindarinya

Pengertian Phising dan Cara Menghindarinya


Phising
Phishing adalah teknik yang digunakan oleh beberapa hacker jahat untuk mendapatkan beberapa informasi sensitif seperti password, Bank Id dan beberapa rincian login yang sangat penting dari berbagai rekening. Kata ini terdengar seperti "Memancing" kata dan sangat mirip dengan teknik penangkapan ikan, seperti dalam memancing nelayan kait umpan berpura-pura menjadi makanan yang nyata sehingga ia bisa menipu ikan dalam kolam dan secepat ikan datang untuk umpan itu akan ketagihan dan akan tertangkap. Sama halnya dengan phishing yang digunakan melalui internet oleh pengguna untuk menjebak orang melalui halaman login palsu yang dirancang oleh mereka atau yang tersedia di net. Penyerang menciptakan sebuah halaman palsu atau menggandakan dari sebuah situs web asli seperti situs sosial atau halaman rekening bank, dan kemudian ia akan memasang perangkap dengan mengirimkan surat ke mangsa (pengguna) dan menunggu pengguna untuk jatuh dalam perangkap itu dan segera setelah pengguna memasukkan nya / rincian nya mereka tertangkap yaitu rincian login yang kirim ke penyerang dan dia tahu memiliki akses informasi sensitif mereka, mungkin account situs jejaring sosial atau rincian rekening bank apapun.

Teknik Phishing adalah pada dasarnya dilakukan melalui Email spoofing (berarti mengirim surat anonim) dan juga melalui messaging. Phishing instan membutuhkan keterampilan rekayasa sosial yaitu bagaimana Anda bisa berpura-pura menjadi orang yang tulus kepada pengguna yang Anda ingin di serang atau dilumpuhkan. Teknik ini telah menyebabkan banyak masalah bagi pengguna yang mudah terjebak dalam jenis serangan phishing, telah menyebabkan kerusakan besar nyata untuk pengguna.

Setelah semua masalah yang disebabkan oleh serangan phishing, muncul konsep Anti-Phishing yaitu bagaimana Anda dapat melindungi diri dari terperangkap dalam jenis serangan seperti ini. Ini adalah beberapa teknik sederhana yang Anda dapat dengan mudah mengingat dan menyelamatkan diri dari mendapatkan diserang oleh pengguna yang jahat.

TEKNIK ANTI-PHISHING :

1. Kesadaran Sosial :
Salah satu teknik yang penting adalah untuk menciptakan kesadaran sosial di kalangan masyarakat tentang jenis teknik phishing sehingga browsing pengguna internet dapat mengetahui tentang jenis serangan yang sedang dilakukan oleh beberapa pengguna dan dengan demikian mereka akan menjadi lebih berhati-hati saat browsing. Hal ini sangat diperlukan karena sebagian besar pengguna bahkan tidak tahu tentang jenis serangan dan dengan demikian mereka dapat dengan mudah jatuh ke dalam perangkap yang dipasang oleh pengguna yang jahat.

2.Teknik kesadaran:
Kesadaran Teknis mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi antara halaman situs palsu dari sebuah websites. Jika Anda cukup cerdas Anda dapat dengan mudah membedakan antara phising dan pengguna website. Pengguna dapat dengan mudah mengambil halaman situs palsu dari url itu sendiri, karena sebagian url yang digunakan untuk phishing berbeda dari url yang asli dari sebuah situs web, jika Anda dapat mengenali url halaman asli, Anda akan dengan mudah mampu membedakan antara halaman palsu dan asli.
Tapi hari ini penyerang telah mengembangkan beberapa teknik baru melalui banyak hal. Mereka membuat url begitu banyak dan rumit sehingga cukup sulit untuk membedakan antara situs yang palsu dan yang asli, namun kini banyak browser seperti internet explorer telah mengembangkan teknik baru di mana nama domain yang disorot dengan warna hitam dan semua rincian lainnya dengan warna coklat muda sehingga pengguna akan dengan mudah mampu melihat ke nama domain dari halaman dan mengidentifikasi halaman.

3. E-mail otentikasi:
Hal ini merupakan teknik penting jika Anda ingin menyelamatkan diri dari phishing. Banyak dari teknik phishing mengandalkan sistem email yakni penyerang akan mengirimkan Anda email berpura-pura menjadi perusahaan asli atau administrator situs yang akan berisi link yang akan mengarahkan Anda ke halaman yang akan terlihat asli untuk anda. Sekarang bagaimana Anda untuk tahu bahwa apakah email tersebut aman atau itu perusahaan palsu. Beberapa situs memiliki beberapa notasi khusus atau tanda-tanda yang tidak tersedia untuk phisher dan sehingga jika Anda merasa Perbedaan dalam bahasa email maka jangan percaya email.
Sekarang sebagian besar dari Anda mungkin berpikir bahwa email palsu adalah secara otomatis mengirimkan ke folder spam di sistem mail Anda, tapi ini tidak benar. Hari ini pengguna telah mengembangkan teknik baru begitu banyak bahwa email sistem email terbaik tidak akan mampu membedakan antara setiap email. Jadi jangan tertipu oleh hal ini yang palsu adalah email kirim ke folder Spam.

Jika Anda mengikuti teknik-teknik ini maka tidak ada kemungkinan Anda jatuh traps. Do seperti bercerita tentang pandangan anda tentang artikel ini.
Previous
Next Post »