photo black_zps8x9ec5kw.png

Mengkoneksikan Flashdisk / Harddisk Eksternal ke Virtual Box


Koneksi flashdisk /harddisk eksternal di virtual box memang tidak otomatis seperti di VMware, tetapi membutuhkan beberapa setting. Berikut langkah-langkah mengkoneksikan flashdisk ke virtual box.
  1. Sebelum memulai setting, pastikan anda telah menginstal virtual box extension pack sesuai dengan versi virtual box yang diinstal. Disini saya menggunakan virtual box versi 4.2.10, maka extension packnya juga versi 4.2.10. Virtual box beserta extension packnya dapat di download di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads. extension pack berfungsi untuk mendukung koneksi usb 2.0 dengan virtual box. 
  2. Untuk menginstal extension pack, klik 2 kali pada extension pack. Secara otomatis proses instalasi akan berjalan. Tunggu hingga proses instalasi selesai. 
  3.  Masukkan flashdisk/ harddisk ke laptop/pc.
  4. Buka virtual box, jangan mengaktifkan OS. Klik pada OS yang akan di setting, pilih setting > kemudian akan muncul tampilan setting > pilih tab USB. 
  5. Setelah di tab USB, aktifkan tanda centang pada “Enable USB Controller” dan “Enable USB 2.0 (EHCI) Controller”. Kemudian klik pada icon add “filter from device” di sisi sebelah kanan, atau menggunakan keyboard dengan Alt+Ins. Dan pilih jenis device yang ingin dikoneksikan. Disini saya mengkoneksikan harddisk eksternal Hitachi 1TB. Setelah device dipilih, nama device akan muncul di kotak “USB Device Filters”. 

  6.  Klik OK. 
  7. Biasanya akan ada installing new device wizard dari Windows (OS di laptop/pc) setelah setting USB di virtual box tadi. Jika ada, pilih “installing device automatically” dan tunggu hingga selesai. Proses tersebut untuk menginisialisasi USB yang dikenal oleh laptop anda sebagai USB virtual box. Proses ini seperti koneksi beberapa device lainnya jika baru terkoneksi di laptop/pc. 
  8. Aktifkan (start) OS yang sudah di setting USBnya. Disini saya menggunakan Fedora 16 sebagai guest OS. 
  9. Setelah proses booting selesai, tunggu beberapa saat, akan ada autoplay dari device yang kita koneksikan. Device yang terkoneksi akan muncul di bagian device.


  10. Untuk mengkonekkan flashdisk/harddisk pada saat sistem operasi berjalan juga dapat dilakukan dengan cara meng-klik menu devices > USB Devices > pilih nama device yang ingin di konekkan.
  11. Kemudian tunggu beberapa saat, maka USB akan segera terhubung. Untuk mendiskonekkan USB tersebut,  tinggal men-uncentang pilihan usb seperti gambar di atas.
  12. Semoga bermanfaat. :)
Previous
Next Post »